Skill Project Manager yang Wajib Dikuasai, Kamu punya yang Mana ? 您所在的位置:网站首页 softskill和hardskill区别 Skill Project Manager yang Wajib Dikuasai, Kamu punya yang Mana ?

Skill Project Manager yang Wajib Dikuasai, Kamu punya yang Mana ?

2024-02-28 09:05| 来源: 网络整理| 查看: 265

Arkawan, punya rencana untuk switching career menjadi project manager? Atau, kamu mendapat tugas untuk memimpin sebuah proyek? Pelajari dan kuasai skill yang kamu butuhkan dalam artikel ini.

Skill project manager meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, dan pengendalian proyek.

Secara umum kamu diharuskan memiliki kemampuan komunikasi, kepemimpinan, manajemen risiko, dan manajemen waktu yang baik untuk memastikan proyek berjalan lancar dan sukses.

Daftar Isi

1 Skill yang Diperlukan Untuk Menjadi Project Manager2 Kemampuan Hardskill2.1 Paham mengenai metodologi Project management2.2 Memahami Teknik Tools Project2.3 Mampu melakukan manajemen tim2.4 Memiliki manajemen waktu yang baik2.5 Menguasai skill project planning2.6 Mampu memanajemen Tugas2.7 Manajemen Anggaran2.8 Manajemen Resiko3 Soft Skill Untuk Project Manager3.1 Komunikasi3.2 Leadership3.3 Negoisasi3.4 Problem Solving3.5 Interpersonal Skill yang Diperlukan Untuk Menjadi Project Manager

Seperti yang kita ketahui, saat ini hampir semua pekerjaan menuntut individu untuk memiliki kemampuan hardskill atau teknis pengerjaan juga softskill yang meliputi komunikasi internal maupun antar divisi.

Menjadi seorang project manager juga harus mengetahui dan mampu menguasai kemampuan tersebut.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Project Manager (Panduan Lengkap)

Kemampuan Hardskill

Dalam konteks pekerjaan pemimpin proyek, Arkawan akan dituntut untuk memiliki kemampuan menguasai bagian teknis pekerjaan.

Berikut 8 hardskill yang sudah dirangkum untuk memudahkan kamu untuk menguasainya.

Paham mengenai metodologi Project management

Metodologi project management adalah serangkaian prosedur yang digunakan untuk menyelesaikan proyek secara efektif dan efisien. 

Ada beberapa jenis metodologi project management yang perlu dikuasai oleh seorang project manager, seperti agile dan scrum. Menguasai satu metodologi di antaranya akan sangat membantu.

Memahami Teknik Tools Project

Skill project manager harus menguasai software project management untuk merencanakan, mengatur, berkomunikasi dengan tim, mengelola sumber daya, anggaran, dan jadwal.

Beberapa software yang disarankan untuk dikuasai antara lain Slack, Microsoft, Teamwork, dan sebagainya.

Mampu melakukan manajemen tim

Arkawan harus menguasai manajemen konflik agar semua orang dalam tim bisa bekerja sama dan termotivasi.

Keterampilan manajemen tim juga meliputi kemampuan untuk menetapkan tugas secara efektif, mengevaluasi kinerja, serta melatih anggota tim dalam mengembangkan keterampilan mereka.

Memiliki manajemen waktu yang baik

Sebagai seorang project manager, penting bagi kamu untuk memahami bahwa setiap proyek memiliki tenggat waktu yang harus dipenuhi.

Oleh karena itu, sebagai project manager, kamu harus pandai dalam mengelola waktu pribadi, waktu tim, dan waktu proyek secara keseluruhan.

Menguasai skill project planning

Project planning umumnya dimulai dengan tujuan, menentukan matrik keberhasilan, mengetahui setiap orang yang tergabung dalam proyek serta perannya.

Kamu juga perlu memperhatikan alokasi budget, timeline dan menentukan alat komunikasi yang akan digunakan bersama tim.

Mampu memanajemen Tugas

Akan menjadi tugasmu untuk mengembangkan rencana proyek dan memecahnya menjadi tugas-tugas yang lebih kecil agar dapat dijalankan oleh tim proyek. Kemudian, tugas diatur dan ditugaskan ke anggota tim yang tepat.

Kamu juga perlu memonitor setiap tugas untuk memastikan bahwa semua anggota tim memenuhi keterbatasan proyek.

Dengan memanfaatkan manajemen tugas yang tepat, kamu dapat memberdayakan tim untuk bekerja dengan lebih produktif, efisien, dan efektif.

Manajemen Anggaran

Untuk melakukannya, diperlukan pengetahuan dan pengalaman untuk mengidentifikasi bagian-bagian yang akan memerlukan biaya besar dan mencari cara untuk mengontrol pengeluaran

Sebagai contoh, saat menyusun anggaran, perlu mempertimbangkan apa yang perlu dan tidak perlu dibelanjakan.

Manajemen Resiko

Sebagai project manager juga harus menyadari bahwa risiko selalu ada dalam proyek, kamu harus memiliki keterampilan dan pengalaman untuk menganalisis masalah yang muncul dan mengambil tindakan untuk mengurangi risiko tersebut.

Sebelum memulai proyek, penting untuk membuat rencana manajemen risiko yang mencakup identifikasi, evaluasi, dan pengendalian risiko. 

Semakin baik manajemen risiko yang dilakukan, semakin besar kemungkinan proyek berhasil.

Nah, kalau kamu sudah bisa menguasai 8 hardskill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang project manager saatnya melatih softskill kamu!

Baca juga: 8 Tugas Project Manager yang Wajib Kamu Ketahui sebagai Pemula

Soft Skill Untuk Project Manager Komunikasi

Hal pertama yang selalu pasti dibutuhkan dalam dunia kerja adalah kemampuan berkomunikasi yang efektif dan efisien. 

Bekerja dengan banyak orang membutuhkan kemampuan lebih untuk mengarahkan, mendistribusikan dan membantu setiap anggota untuk melaksanakan tugasnya.

Kuasai dasar komunikasi agar kamu dapat menyelesaikan proyek tepat waktu dan memberikan hasil terbaik.

Leadership

Kemampuan ini juga sangat berguna dalam mendorong tim dan menetapkan roadmap untuk mencapai kesuksesan proyek.

Sebagai contoh, sebagai seorang project manager, kamu harus memiliki ketegasan dalam mengawasi jalannya proyek. 

Jika kamu menemukan kesalahan, kamu perlu segera mengkoordinasikannya dengan anggota tim yang terkait.

Negoisasi

Kemampuan untuk bernegosiasi diperlukan dalam menghadapi persyaratan yang diajukan oleh para pemasok, klien, dan stakeholder lainnya. 

Selain itu, keterampilan negosiasi juga diperlukan saat bekerja dengan tim untuk memastikan bahwa tujuan strategis yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan sebaik-baiknya.

Problem Solving

Skill project managerKemampuan pemecahan masalah yang kuat sangat penting. Hal ini akan memungkinkan kamu untuk mengumpulkan informasi, mengevaluasi pro dan kontra, serta merumuskan solusi terbaik untuk mengatasi masalah yang muncul selama pelaksanaan proyek.

Dengan kemampuan pemecahan masalah yang terstruktur, kamu dapat menghadapi masalah dengan pendekatan yang sistematis dan efektif, sehingga dapat mencapai hasil yang diinginkan.

Interpersonal

Setiap tim memiliki beragam kepribadian yang berbeda. Keterampilan interpersonal mencakup kemampuan dalam manajemen hubungan dan keterampilan kolaborasi.

Manajemen hubungan memungkinkan project manager untuk membangun dan memelihara hubungan yang baik dengan anggota tim, stakeholder, dan pemasok. 

Sementara kemampuan kolaborasi membantu dalam bekerja sama dalam tim sehingga pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Seperti yang sudah kita pelajari dalam artikel ini, ada banyak keahlian yang perlu dipelajari dan dikuasai. Dengan mengambil kursus menjadi project manager di Arkademi, kamu bisa belajar kapan saja dan dimana saja!

Menyediakan 500+ kursus online bersertifikat, unduh aplikasi Arkademi di Google Play Store dan dapatkan 20.000 Arkademi Koin saat mendaftarkan diri untuk pertama kalinya.

Gimana, sudah siap jadi project manager? 🙂



【本文地址】

公司简介

联系我们

今日新闻

    推荐新闻

    专题文章
      CopyRight 2018-2019 实验室设备网 版权所有